Biaya resmi, cara, persyaratan & lama proses pembuatan SIM C di Solo tampa nembak

Berikut ini kami sampaikan informasi mengenai biaya, cara, persyaratan & lama proses pembuatan SIM A, B, C & D di KANTOR SATLANTAS POLRESTA SURAKARTA.

Biaya/tarif membuat SIM baru untuk SIM A, B1, B2, C & D adalah :
  1. SIM A, B1 & B2 biaya pembuatannya adalah Rp 120.000,-
  2. SIM C Rp 100.000,-
  3. SIM D Rp 50.000,-
Daftar Biaya Pembuatan SIM baru
Biaya/tarif perpanjangan SIM A, B1, B2, C & D di Kantor Satlantas Polresta Solo adalah :
  1. SIM A, B1 & B2 biaya perpanjangannya adalah Rp 80.000,-
  2. SIM C Rp 75.000,-
  3. SIM D Rp 30.000,-
Daftar Biaya Perpanjangan SIM
BIAYA PEMBUATAN SIM BARU & BIAYA PERPANJANGAN SIM YANG TERLIHAT SEPERTI PADA TULISAN GAMBAR DI ATAS ADALAH TARIF BIAYA RESMI YANG DIKELUARKAN OLEH KANTOR SATLANTAS POLRESTA SOLO.
DENGAN DEMIKIAN DAPAT DISIMPULKAN BAHWA TARIF RESMI BIAYA PEMBUATAN SIM C NYA ADALAH HANYA SEBESAR RP 100.000,-.
SEDANGKAN TOTAL BIAYA UNTUK MEMBUAT SIM C BARU-MU NANTI, DALAM PRAKTEKNYA JUMLAHNYA ADALAH BUKAN SEBESAR RP 100.000,- TETAPI RP 150.000,-  DENGAN RINCIAN RP 100.000 UNTUK MEMBAYAR BIAYA ADMINISTRASI KEPADA BANK BRI & YANG RP 50.000,- ADALAH BIAYA UNTUK MEMBAYAR KIR DOKTER.
BIAYA PROSES PEMBUATAN SIM C BARU-NYA MURAH KAN? KARENA MURAH, SARAN KAMI, APABILA KALIAN BELUM MEMPUNYAI SIM C, SEGERALAH KALIAN MEMBUATNYA! DAN LAGI SARAN DARI KAMI, TEMPUHLAH PROSES PEMBUATAN SIM C KALIAN NANTI DENGAN CARA YANG RESMI TAMPA LEWAT CALO PEMBUATAN SIM.

Persyaratan pembuatan SIM baru untuk SIM A, B1, B2, C & D adalah :
  1. KTP asli (KTPnya harus E-KTP, KTP model lama tidak boleh).
  2. Foto copy KTP asli sebanyak 2 lembar.
  3. KIR dokter untuk mendapatkan surat keterangan sehat. Pengertian atau arti kir dokter adalah check kesehatan.

LAMA PROSES PEMBUATAN SIM BARU.
Yang akan kami jelaskan di sini adalah lama proses pembuatan SIM baru untuk SIM C.
Lama proses pembuatan SIM C baru secara teori adalah 3 hari dengan perincian tahapannya adalah sbb :
  1. Hari pertama adalah chek kesehatan atau KIR dokter di rumah PRAKTEK DOKTER BERSAMA di jln Kenanga no 2 Solo. Jln kenanga 2 itu letaknya adalah di sebelah barat/ belakangnya masjid Kottabarat Solo.
    Rumah Praktek Dokter Bersama jln Kenanga No 2 Solo tempat KIR kesehatan
    Syarat KIR dokter adalah membawa 2 lembar foto copy KTP. Chek kesehatan di KIR dokter adalah meliputi chek kesehatan rohani dan jasmani. Chek kesehatan jasmani terutama mengetes mata kalian terkena buta warna atau tidak, kemudian kontrol tekanan darah dengan cara di check tekanan darahnya dengan menggunakan tensimeter. Setelah KIR dokter selesai dan lolos, kamu akan diberi surat keterangan sehat, lalu dilanjutkan dengan ujian teori pembuatan SIM di ruang ujian teori KANTOR SATLANTAS POLRESTA SOLO. Letak Kantor Satlantas Polresta Solo adalah di sebelah baratnya GEREJA KATOLIK ST PETRUS PURWOSARI jln Slamet Riyadi. Soal ujian teori ada 30 soal, syarat lulus ujian teori, kalian harus bisa menjawab soal ujian teori dengan benar minimal sebanyak 21 soal. Setelah lulus ujian teori ...

  2. Hari kedua, proses pembuatan SIM dilanjutkan dengan ujian praktek di LAPANGAN UJIAN PRAKTEK PEMBUATAN SIM di lapangan bola volley ASRAMA POLISI MANAHAN yang letaknya ada di sebelah utaranya KANTOR KAPOLDA SURAKARTA jln Adi Sucipto Manahan.
    Ujian Praktek SIM C naik motor mengelilingi jalan putaran angka 8

    Ujian Praktek SIM C naik motor belok memutar di tikungan huruf "U"

    Ujian prakteknya adalah meliputi naik sepeda motor yang telah di sediakan oleh pak polisi mengelilingi jalur jalan angka "8", naik sepeda motor memutar tikungan seperti huruf "U", naik sepeda motor zig zag tampa menarik rem tangan atau menginjak rem kaki, naik sepeda kencang lalu melakukan pengereman mendadak lalu menghindar ke kiri atau ke kanan lalu berhenti, naik sepeda motor kencang lurus ke depan lalu melakukan pengereman mendadak lalu berhenti. Setelah lulus ujian praktek ...

  3. Hari ketiga dilanjutkan dengan ujian rambu-rambu lalu lintas dengan cara naik sepeda motor dan di ikuti oleh pak polisi dari belakang dengan rute seperti yang telah ditentukan oleh pak polisi sebagai petugas yang berwenang menguji Anda. Setelah lulus ujian rambu-rambu lalu lintas, dilanjutkan dengan membayar biaya administrasi pembuatan SIM di bank BRI yang letaknya ada di satu lokasi  di dalam KANTOR SATLANTAS POLRESTA SURAKARTA, setelah selesai membayar biaya administrasi di bank BRI, kemudian kalian di suruh untuk foto SIM diloket 4, dan setelah selesai foto, kalian akan menerima SIM C kalian yang sudah jadi.
Suasana orang yang ingin membuat SIM di depan loket 3 & 4

Suasana orang menunggu panggilan foto SIM di Kantor Satlantas Solo
Tips dan trik agar proses pembuatan SIM C kalian lancar :
  1. Supaya ujian teori pembuatan SIM kalian lulus, sebelum mengikuti ujian teori, pelajari soal-soal ujian teori SIM golongan SIM A, B1, B1 umum, B2, B2 umum dan C dengan membaca buku yang berjudul KUMPULAN SOAL UJIAN TEORI SIM yang telah di sediakan oleh KANTOR SATLANTAS SOLO.
    Buku kumpulan soal ujian teori SIM
    Buku Kumpulan Soal Ujian Teori SIM dipinjamkan kepada kalian dengan cuma-cuma, letak bukunya ada di dalam lemari kaca perpustakaan mini yang ada didekat ruangan untuk ujian teori SIM yang ada di Kantor Satlantas Solo.

  2. Supaya ujian praktek SIM C kalian lulus, adalah sebelum ujian praktek di mulai silahkan kalian latihan mengendarai sepeda motor kalian sendiri dengan cara naik sepeda motor mengelilingi jalur rute putaran angka 8, naik motor dengan memutar di tikungan huruf U, naik motor berjalan zig zag tampa mengerem, naik motor kencang lalu mengerem mendadak. Selain itu silahkan kalian nanti mengamati tehnik atau caranya pak polisi pada waktu memberikan contoh praktek naik sepeda motor mengelilingi putaran angka 8, memutar kendaraannya di tikungan huruf U, berjalan zig zag, berkendara cepat lalu mengerem mendadak. PENTING! perhatikan tehnik cara mengendarai sepeda motornya dengan teliti seperti cara penggunaan gigi persnelengnya berapa yang dipakai oleh pak polisi pada waktu mengendarai sepeda motor mengelilingi jalan putaran angka 8, membelokkan sepeda motor di tikungan huruf "U", mengendarai sepeda motor berjalan zig zag, mengendarai motor kencang lurus ke depan. Selain memperhatikan penggunaan gigi persneleng & cara mengoper gigi persneleng sepeda motor, amati juga cara pak polisi menarik gas atau memacu kecepatan sepeda motornya serta cara melakukan pengereman laju sepeda motornya pada waktu pak polisi mengendarai sepeda motor membelok di putaran huruf "U". Dan yang tidak boleh kalian lupakan adalah jangan sekali-kali hanya menggunakan persneleng gigi 1(satu) pada waktu di tes memacu sepeda motor melaju dengan kencang lurus ke depan atau jangan sekali-kali menggunakan rem pada waktu di tes naik sepeda motor berjalan zig zag, jika hal itu kamu langgar walaupun kamu lupa, dapat di pastikan bahwa ujian praktek-mu tidak akan diluluskan.

  3. Supaya ujian rambu-rambu lalu lintas kalian lulus, adalah pastikan bahwa kalian telah memahami rute jalan yang akan kalian lewati seperti apa yang telah di katakan pak polisi pada kalian, apabila kalian belum paham rutenya, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya pada pak polisi.
Demikianlah informasi mengenai biaya, cara, persyaratan dan lama proses pembuatan SIM C Baru di KANTOR SATLANTAS POLRESTA Solo, semoga bermanfaat buat kalian. 
Masih ada yang kurang jelas? silahkan kalian menghubungi kami kalau kalian ingin bertanya.

Panduan Cara Daftar Trading Forex Online
Bonus Modal Gratis $5
Tampa Deposit Uang Terlebih Dahulu.

14 komentar:

Anonim mengatakan... balas komentar

pak mau tanya kalau ujian praktek sim pake sepeda motor matic boleh atau tidak??trimakasih

Admin mengatakan... balas komentar

@Anonim: Untuk peserta perempuan boleh menggunakan motor matic yang mereka bawa sendri dari rumah, tetapi untuk peserta laki-laki tidak boleh

Slamet Haryadi mengatakan... balas komentar

Tutorial hal mendapatkan SIM sungguh membantu... Good. TQ.

Admin mengatakan... balas komentar

@Slamet Haryadi: Terima kasih atas komentar dan kunjungannya...

joko budi santoso mengatakan... balas komentar

Mau nanya pak,Kalau ujian praktek laki-laki pakek motor nya sendiri boleh gak pak tapi yg perseneleng
Trimakasih..

Admin mengatakan... balas komentar

@joko budi santoso: Admin membalas Joko Budi Santosa : Tidak boleh pak Joko, ujian praktek laki-laki harus pakai sepeda motor dari bpk Polisi yang sedang bertugas, karena barangkali Anda belum hafal selahnya sepeda motornya pak Polisi, sebaiknya kalau mau praktek datang lebih awal, kira-kira jam 8 pagi, maksudnya nanti pinjam sepeda motornya pak polisi untuk latihan dulu ujian praktek....

muhammad hidayat mengatakan... balas komentar

Kalau mau tes kir kesehatan diluar dokter yg ditunjuk boleh kah? Soalnya untuk menghindari antrian panjang

Admin mengatakan... balas komentar

Balasan untuk @muhammad hidayat: Barangkali tidak boleh mas M Hidayat, untuk menghindari antrian panjang, silahkan Anda datang lebih awal .. jam 7 pagi mas

muhammad hidayat mengatakan... balas komentar

Ada yg mau saya tanyakan,jika saya tes kir kesehatan hari senin,kemudian sy mendaftar dan mengikuti tes teorinya hari selasa,kira2 bisa nggak yach? Berhubung waktu sy terbatas,trima kasih.

Oentari Rachmawati mengatakan... balas komentar

Pendaftaran tutup jam berapa? Hari sabtu buka atau tidak?

Admin mengatakan... balas komentar

@muhammad hidayat: Sangat bisa mas M Hidayat

muhammad hidayat mengatakan... balas komentar

Kalau boleh tau,untuk tes praktek di jalan raya itu,seperti apa sich tesnya?
Terima kasih

Bagi2 Bonus mengatakan... balas komentar

@muhammad hidayat: Balasan u/ m M Hidayat : Anda disuruh naik sepeda motor yang rutenya sudah ditentukan oleh pak Polisi kemudian dari belakang pak Polisi yang mengetest tsb mengikuti Anda, contoh test praktek naik motor di jalan yang tidak lulus, jalan berbelok ke kiri tetapi sebelum belok kiri anda tidak menyalakan reting kiri sepeda motor anda

Tutorial Daftar Forex mengatakan... balas komentar

@Oentari Rachmawati: Balasan u/ Oentari R >> Sabtu buka ndak ya, saya kurang tahu, soalnya saya tidak hari Sabtu waktu ikut test ujian sim c, tutupnya jam berapa saya juga kurang tahu, tetapi kalau Oentari datang pada jam 8 pagi saya jamin kantornya belum tutup...


CIMB Niaga, 7603 6767 7300, Arsis W | axxxxske-stsuxxxxxxxxx*#*$
OCBC NISP, 634130601924, C G Widi | suxxkamb
BRI, 6440-01-001908-53-8, St S | 94jy0CWep1

 
© Solo On Line ~ All Rights Reserved
Terima kasih atas kunjungannya
Cara Daftar FBS